BACK TO NEWS

Mahasiswa ITB dan UGM Wakili Indonesia dalam AYDA Internasional di Vietnam

February 15, 2023

Gold Winners AYDA Indonesia (KOMPAS.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani)
JAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) bakal mewakili Indonesia dalam ajang Asia Young Designer Awards (AYDA) Internasional di Vietnam. 

Keduanya adalah Arya Putra dari ITB dan Salsabila Novitasari dari UGM. Mereka berhasil meraih Gold Winners dalam AYDA Indonesia yang diumumkan pada Rabu (15/2/2023). 

Arya Putra menjadi pemenang dalam kategori desain interior lewat karyanya yang bertajuk Silih Hub dan Salsabila Novitasari dari kategori arsitektur dengan karyanya RE-STACK!.

AYDA Indonesia dan Internasional merupakan ajang penghargaan yang diciptakan oleh Nippon Paint sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR). 

"Tujuannya adalah membimbing mahasiswa arsitektur dan desain interior ke level profesional, sekaligus mengembangkan industri arsitektur dan desain interior di Indonesia," ucap Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, Linda Kam, menjawab Kompas.com.

Ajang ini sudah ada sejak tahun 2008 secara internasional dan hadir di Indonesia sejak tahun 2012. 

Linda mengatakan, ada sebanyak 409 peserta dari kategori desain interior dan arsitektur yang berpartisipasi dalam AYDA Indonesia tahun 2022/2023 ini. 

Setelah melewati proses penyaringan peserta yang memakan waktu hingga lebih dari 6 bulan, pihak Nippon Paint Indonesia lalu menyerahkan 10 perserta terbaik kepada juri. 

Kemudian juri melakukan penilaian objektif terhadap maket yang dibuat oleh peserta, sehingga dapat menghasilkan 5 finalis. 

Nantinya, karya kedua pemenang AYDA Indonesia dari masing-masing kategori akan dilombakan dengan perwakilan pemenang 17 negara lain dalam ajang AYDA Internasional. 

Sementara itu, Juri AYDA Indonesia sekaligus Founder of W Office (WOF) Joe Willendra memaparkan, yang menjadi tantangan dalam penilaian tahun ini adalah para peserta harus membuat karya sesuai dengan kondisi pasca-pandemi. 

"Kualitas pasti bertambah terus, tema setiap tahun beda dan yang paling menantang adalah ini pertama kali semenjak pandemi," kata Joe. 

Sebagai informasi, AYDA juga bekerja sama dengan Harvard University Graduate School of Design. 

Sehingga, para pemenang utama dalam kompetisi AYDA Internasional akan mendapatkan kesempatan beasiswa Design Discovery Program selama 3 minggu di Boston, Amerika Serikat.

Source: Kompas.com

FULL SPECTRUM

Indonesia

SUBMIT YOUR ENTRY

Showcase your design to an international audience

SUBMIT NOW

Image: Agrapolis Urban Permaculture Farm by David Johanes Palar

Top

AYDA-Awards Logo

The AYDA awards is part of Nippon Paint’s vision to nurture the next generation of Architectural and Interior Design talents. It serves as a platform to inspire students of these disciplines to develop their skills through cross-learning.

Terms & Conditions

|

Privacy Policy